--> 14 Langkah penting atasi Narkoba dari Pendidikan Keluarga | YLINFODIK

14 Langkah penting atasi Narkoba dari Pendidikan Keluarga

Penting atasi narkoba itu sebuah keharusan, yang harus dikerjakan oleh kita semua. nah! seperti apa? silahkan lihat selengkapnya DISINI

Langkah atasi Narkoba

langkah atasi narkoba - Keluarga tidak luput dari pendidikan dan pemulihan. Kebiasaan-kebiasaan lama dan pola pengasuhan lama dalam keluarga perlu diubah. Bukan saja untuk membantu menolong pecandu pulih, melainkan mencegah timbulnya korban baru. Narkoba adalah obat, bahan, atau zat yang jika masuk ke dalam tubuh manusia, akan berpengaruh terutama pada kerja otak yang menimbulkan ketergantungan.

Pengaruh Narkoba


Narkoba berpengaruh pada bagian otak yang bertanggung jawan atas kehidupan perasaan yang merupakan pusat kenikmatan. Dapat dikatakan bahwa otak bekerja dengan motto “jika merasa enak, lakukanlah”. Otak merupakan pengendali dari seluruh sistem tubuh yang memberi perintah untuk menjalankan fungsi organ-organ tubuh. Yang terjadi pada kecanduan atau ketergantungan adalah semacam pembelajaran sel-sel otak pada pusat kenikmatan. Jika mengonsumsi narkoba otak membaca tanggapan kita. Jika kita merasa nikmat, otak mengeluarkan neutrotransmitter.

Struktur Keluarga


Remaja perlu mendapat perlu mendapat asuhan dan bimbingan orang tua lebih daripada apa yang selama ini diterimanya. Remaja bukanlah orang dewasa mini atau anak yang besar. Remaja perlu mengembangkan keterampilan agar dapat berfungsi sebagai orang dewasa. Keterampilan tidak muncul begitu saja. Keterampilan sebagai orang dewasa perlu dikenal dan dilatih. Untuk itu, perlu pengawasan dan bimbingan orang dewasa. Mungkinkah melatih seseorang menjadi tukang kayu, paku dan palu yang dibutuhkannya, tetapi tanpa pengawasan dan bimbingan?

Jika berbicara tentang sruktur keluarga ada empat hal penting yakni; (1) pembatasan, (2) Tidak boleh berlebihan, (3) dukungan, (4) Arahan dan bimbingan.
Langkap penting atasi narkoba
Image Ilustrasi

1. Pembatasan


Orang tua perlu memberi batas-batas mengenai harapan, peraturan, konsekuensinya jika dilanggar. Harus dinyatakan dengan jelas. Setiap anggota keluarga harus tahu peraturan dalam keluarga: apa yang diharapkan dari mereka dan akibatnya jika peraturan itu tidak ditaati. Pembatasan mendorong pembentukan kendali diri. Anak yang tidak mampu mengikuti pembatasan akan sulit dikendalikan. Mereka cenderung implusif, penuh keinginan, dan tidak realistis. Pembatasan juga berhubungan dengan perkembangan moral karena menyangkut nilai-nilai dan prioritas dalam hidup.

2. Tidak boleh berlebihan


Kadang-kadang orang tua berlebihan dalam menetapkan standar dan gagal memberi ruang gerak anak secara individu. Lebih banyak orang tua yang tidak tahu bahwa mereka perlu membuat standar meskipun untuk hal-hal kecil seperti dalam berpakaian. Menetapkan batas-batas bukan saja hak orang tua, melainkan juga kewajibannya. Jika tidak dipatuhi, anak harus menanggung resiko.

3. Dukungan


Hal penting yang perlu diterapkan dalam mkeluarga adalah dukungan. Orang tua yang tidak memberi dukungan kepada anak, di antara mereka juga tidak saling mendukung. Akibatnya, keluarga tidak utuh, tidak kompak, dan berjalan sendiri-sendiri. Tingkat kepercayaan sangat rendah. Keluarga demikian sangat rentan bagi penyalahgunaan narkoba. Dukungan keluarga meliputi kasih sayang, simpati, dorongan, dan rasa nyaman.

4. Arahan dan Bimbingan.


Arahan dan bimbingan orang tua kepada anak sebagai pimpinan keluarga sangat penting. Akan tetapi banyak orang tua yang otoriter agtau terlalu mengarahkan anak, sehingga anak acuh tak acuh dan terasing. Seberapa jauh sikap acuh dan keterasingan anak/remaja masa kini merupakan refleksi dari masalah yang dialami orang tua dahulu. Berapa banyak orang dewasa yang acuh tak acuh, putus asa, tidak percaya, dan sinis? Masalah ini memang sulit dan kompleks.

Keluarga yang utuh memiliki anggota yang mengerti peran masing-masing dan bertanggung jawab kepada seluruh keluarga. Mereka memiliki arah hidup yang jelas yang berkaitan dengan nilai-nilai dan prioritas dalam mkeluarga.

Komunikasi Dalam Keluarga


Penyalahgunaan narkoba merupakan cara mengatasi masalah dan emosi tanpa mengomunikasikannya. Oleh karena itu, komunikasi sangat penting dalam pemulihan dan pendidikan keluarga. Penyalahgunaan narkoba menjadi upaya memanipulasi perasaan dengan mencari kenikmatan sesaat dan menghindari rasa sakit. Makin intim hubungan pencandu dengan narkoba-nya, makin renggang hubungannya dengan sesama.

Keluarga dengan anak pecandu perlu ditolong melalui program konseling, pendidikan dan bimbingan kelompok. Mereka perlu ikut dalam program untuk saling menolong dan menyadarkan akan pentingnya dukungan keluarga bagi pemulihan pecandu.

5. Mengolah perasaan


Perasaan yang dialami anggota keluarga pecandun ialah rasaPerasaan yang dialami anggota keluarga pecandun ialah rasa bersalah, sedih, marah, malu, kesepian, takut, putus asa, dan terluka. Keluarga perlu ditolong agar dapat membagikan perasaannya secara terbuka. Kelompok pendukung dapat membantu mengatasi kesedihannya. Mereka juga perlu ditolong agar dapat mengenal rasa marah dan mampu mengelolanya secara memadai.

Keluarga perlu memulihkan keadaannya dengan bersosialisasi dan berpartisipasi dalam kegiatan rekreasi dan sosial. Keluarga perlu membuat rencana sehari dan tidak membuat rencana yang muluk-muluk atau tidak realistik.

6. Menyelesaikan konflik


Menghindari dari konflik merupakan cara yang sering dilakukan keluarga. Menghindari konflik mmenyebabkan kemesraan hubungan perkawinan terganggu sehingga menghancurkan ikatan keluarga. Jika orang menghindari konflik, timbul sentimen atau rasa benci, yang kemudian berubah menjadi kepahitan. Penyalahgunaan narkoba mengganggu komunikasi dan penyelesaian masalah keluarga, sehingga pencandu merasa terasing dan bersikap menghindar. Hubungan pun menjadi dingin dan renggag.

7. Langkah konfrontasi


Konfrontasi bukanlah bertindak agresif atau berkelahi. Konfrontasi berarti mengatakan hal yang mengganggu Anda dan tidak membiarkannya. Konfrontasi berbeda dengan menghindar

8. Langkah Mendengarkan


Konflik tidak dapat diselesaikan jika anggota keluarga tidak mau saling mendengarkan. Jika ada anggota keluarga yang tidak mau mendengarkan, ia diminta agar mengulangi tanggapan yang lain : “Apa yang dikatakannya?”

9. Langkah Kompromi


Penyelesaian konflik adalah salah satu langkah mengatasi narkoba merupakan seni untuk berkompromi dan tawar-menawar. Orang tua tidak perlu merasa kehilangan tanggung jawab sebagai orang tua atau berkompromi dengan otoritasnya ketika harus berkompromi dengan anak. Justru kompromi yang memadai akan membangun penilaian yang sehat pada anak dan mendorong individuasi.

Hal yang perlu dilakukan pecandu yang sedang pulih agar tidak kambuh
Langkap penting atasi narkoba
Image Ilustrasi : Pecandu narkoba



10. Mengelola Perasaannya secara sehat


Caranya dengan membiarkan perasaan perasaan itu muncul, menarik napas panjang beberapa kali. Mencurahkan perasaan, mengecek perasaannya dengan kenyataan, tidak mempersalahkan orang lain atau kedaan. Menuliskan perasaannya, tidak mengasihani diri sendiri, mengubah cara pandang, serta melakukan sesuatu yang positif dan menyenangkan.

11. Menghadapi persoalan secara konstruktif


Caranya dengan tidak lari dari masalah. Meletakan masalah secara proporsional, membicarakannya, mendahulukan pemulihannya, menerima tanggung jawab dan tidak menyalahkan orang lain, membagi persoalan ke dalam beberapa langkah kecil, menunggu, serta meminta dukungan.

12. Menghindari situasi beresiko tinggi


Ia harus menghindari situasi beresiko tinggi seperti orang, tempat, benda, dan suasana yang berkaitan dengan pemakaian narkoba pada masa lalu.

13. Mengatasi situasi resiko tinggi


Jika tidak dapat menghindarkan diri dari situasi beresiko tinggi. Pecandu terpaksa menghadapinya dengan pendampingan, menghubungi kelompok pendukung sebelum pergi ke tempat itu, dan segera meninggalkan tempat tersebut.


14. Mengenal tanda-tanda kemunculan relaps


Keluarga perlu terlatih mengenal tanda-tanda kemunculan relaps. Mereka harus menolong pecandu dengan memperingatkannya ketika tanda-tanda itu muncul. Pecandu harus mau mendengarkan mereka dan melakukan apa yang harus dilakukan.

Kesimpulan dan Penutup

Langkap penting atasi narkoba
Image ilustrasi : hentikan narkoba


Pemulihan adalah suatu proses yang dinamis dan progresif sebagai perjalanan panjang dan menyakitkan dari ketergantungan narkoba ke gaya hidup sehat tanpa narkoba. Motivasi atau kemauan pecandu untuk berhenti memakai narkoba penting dalam keberhasilan pemulihan karena pecandulah yang harus mengambil keputusan untuk berhenti memakai dan mengubah gaya hidupnya.

Langkahmau mengatasi narkoba harus dilakukan. Meskipun harus mau mengakui dan menerima karena itu adalah kunci pemulihan dan keberhasilan. Orang harus mau mengakui dan menerima keadaan jika mau berubah. Demikian mengatasi narkoba melalui pendidikan dan pemulihan harus dimulai dari keluarga sejak dini. Karena disitulah anak harus mau berubah agar dapat mengikuti, menyesuaikan diri, dan mampu menghadapi tantangan arus perubahan zaman. Demikian* (y)

COMMENTS

Name

anak usia dini,1,anak zaman now,6,Analisis hasil belajar,8,Artikel,8,Bank Soal SD dan MI,25,Belajar dari rumah,11,Berita,4,Guru Abad21,2,Guru Kreatif,5,Guru-Kepsek,2,Infodik,5,Internet,2,kebaktian natal sekolah,1,Kebiasaan Kepala Sekolah 2020,1,Krisis Rusia-Ukraina,3,Kurikulum,3,media pembelajaran online,1,PAUD,1,Pengetahuan Umum,8,Perangkat,2,Perangkat PAUD-TK,3,Perangkat SD,17,RPP 1 Lembar SD-MI,10,RPP Daring,6,Sains,16,Silabus SD-MI,1,Sosiologi,7,Tahun ajaran baru,7,Technology,4,Tugas Belajar,1,
ltr
item
YLINFODIK: 14 Langkah penting atasi Narkoba dari Pendidikan Keluarga
14 Langkah penting atasi Narkoba dari Pendidikan Keluarga
Penting atasi narkoba itu sebuah keharusan, yang harus dikerjakan oleh kita semua. nah! seperti apa? silahkan lihat selengkapnya DISINI
https://1.bp.blogspot.com/-9kCzkssbhh0/Xixta0eYYjI/AAAAAAAAAsM/jbufvQ7qfPQL6XaSG8x8asdaCWd30W7CQCLcBGAsYHQ/s400/Atasi%2Bnarkoba1.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-9kCzkssbhh0/Xixta0eYYjI/AAAAAAAAAsM/jbufvQ7qfPQL6XaSG8x8asdaCWd30W7CQCLcBGAsYHQ/s72-c/Atasi%2Bnarkoba1.jpg
YLINFODIK
http://www.ylinfodik.my.id/2020/01/14-langkah-atasi-narkoba-dari.html
http://www.ylinfodik.my.id/
http://www.ylinfodik.my.id/
http://www.ylinfodik.my.id/2020/01/14-langkah-atasi-narkoba-dari.html
true
1063751320796167169
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All ARTIKEL TERKAIT UNTUK ANDA LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content
https://globeshyso.com/dpmeFmz/d.GTNmvzZzGNUO/Repmj9GuDZmU/lJkWPGTmQszVODTOU/4/NkTKMitCNdD/Mr5LN-TJgw1PNTAI