Silabus SD K13 Revisi Terbaru . Silabus tentulah kita tahu terdiri dari standar kompetensi, kompetensi inti, materi pembelajaran, indikator, penilaian
Silabus SD K13
Revisi Terbaru . Silabus tentulah kita tahu terdiri dari standar kompetensi,
kompetensi inti, materi pembelajaran, indikator, penilaian, alokasi waktu dan
sumber belajar yang dibuat dan didesain oleh setiap unit pengajaran.
pengembangan silabus kiri untuk
setiap unit pengajaran. Setiap unit instruksi yang diberikan kebebasan dan
fleksibilitas dalam pengembangan program, sesuai dengan kondisi dan kebutuhan
masing-masing.
Prinsip Pengembangan Silabus
pengembangan silabus yang dilakukan
oleh masing-masing unit mengajar harus tetap dalam kerangka pengembangan
program nasional, harus memperhatikan prinsip-prinsip pengembangan program.
Komponen/Elemen silabus
Berikut adalah beberapa elemen
yang harus ada dalam pengembangan program
1. Keterampilan Dasar (KI)
keterampilan dasar (KI/maksudnya
kompetensi inti) merupakan gambaran keterampilan dalam aspek sikap, pengetahuan
dan keterampilan yang akan diperoleh oleh siswa di sekolah tingkat, kualitas
dan mata pelajaran.
Keterampilan dasar dibawa ke
dalam standar kemampuan translatory atau lebih tinggi (SKL) dalam bentuk
kualitas. Kompetensi inti tidak boleh diajarkan, tetapi untuk bentuk dengan
belajar topik yang relevan.
Setiap topik harus relevan dengan
kompetensi inti yang telah dibuat berkontribusi tau pembentukan keterampilan
dasar.
2. Kompetensi Dasar (KD)
Maksud bagian ini adalah
kemampuan khusus yang mencakup sikap, pengetahuan dan keterampilan yang
berkaitan dengan kargo atau mata pelajaran.
Subyek pemeriksaan keterampilan
dasar harus dengan memperhatikan urutan berdasarkan hierarki konsep disiplin
dan / atau tingkat kesulitan materi, hubungan antara keterampilan dasar dengan
kompetensi dasar dalam mata pelajaran, dan hubungan antara tingkat kompetensi
dan kompetensi dasar antara subjek.
3. keterampilan Indikator Kinerja
keterampilan sukses adalah
perilaku yang dapat diukur atau diamati untuk menunjukkan kinerja keterampilan
dasar tertentu yang topik referensi untuk evaluasi.
Indikator yang digunakan sebagai
penanda pencapaian keterampilan dasar ditandai dengan perubahan perilaku yang
dapat diukur yang terdiri dari sikap, pengetahuan dan keterampilan.
4. subjek
materi pokok adalah subyek dari
studi peserta didik materi sebagai cara untuk mencapai keterampilan dasar yang
akan dievaluasi menggunakan evaluasi didasarkan pada indikator hasil belajar
alat.
Secara umum, objek berisi
fakta-fakta, konsep, prinsip dan prosedut yang relevan, dan ditulis dalam
bentuk butir, sesuai dengan rumusan indikator kinerja keterampilan.
5. belajar
Suatu pembelajaran adalah suatu
kegiatan yang dilakukan oleh pendidik dan peserta didik untuk mencapai
keterampilan yang diharapkan. Kegiatan strategi pembelajaran dapat tatap muka
dan non-wajah atau pengalaman belajar.
Kegiatan belajar itu dibuat
supaya memberikan pengalaman belajar yang mengikutsertakan proses mental dan
fisik dengan interaksi antara peserta didik, siswa dan pengajar, lingkungan dan
sumber belajar lainnya sehingga dari situ diperoleh kemampuan dasar.
Pengalaman belajar adalah untuk
direalisasikan melalui penggunaan berbagai pendekatan untuk belajar dan
berpusat pada peserta didik.
6. evaluasi
Dilakukannya penilaian adalah
suatu proses kegiatan dengan tujuan memperoleh, menganalisis dan menafsirkan
data mengenai proses dan perolehan belajar siswa yang dilaksanakan secara
sistematis dan terus-menerus, supaya memberikan informasi yang valit dan terukur
dalam penetapan hasil.
Hasil evaluasi dianalisis untuk
menentukan tindak lanjut. Pemantauan bisa menjadi perbaikan berikutnya dari
proses pembelajaran, program remedial bagi siswa mencapai kompetensi di bawah
kriteria kelengkapan, dan program pengayaan bagi siswa yang telah memenuhi
kriteria kelengkapan.
7. Alokasi waktu
Alokasi waktu adalah waktu yang
diperlukan untuk mencapai kompetensi. Tunjangan waktu dalam pengembangan
program disesuaikan dengan jumlah kursus dalam struktur program untuk satu semester
atau satu tahun.
Alokasi waktu untuk masing-masing
kompetensi inti didasarkan pada jumlah minggu alokasi aktual mata pelajaran dan
kali per minggu dengan mempertimbangkan jumlah keterampilan dasar, lebar
konten, kedalaman, kompleksitas dan tingkat kepentingan kompetensi dasar.
Distribusi waktu yang ditentukan
dalam program ini adalah perkiraan rata-rata waktu untuk menguasai keterampilan
dasar yang dibutuhkan oleh siswa adalah kompleks dan bervariasi.
8. Sumber Belajar
sumber daya pendidikan referensi,
objek atau bahan yang digunakan untuk kegiatan belajar.
sumber daya pendidikan dapat
berupa media cetak dan elektronik, speaker, dan fisik, alam, sosial dan budaya.
Penentuan sumber daya berdasarkan
standar dan kompetensi inti dan subjek belajar / belajar, kegiatan dan
indikator pencapaian kompetensi belajar.
Silabus SD K13 Revisi Terbaru
Silabus harus disiapkan dengan
format presentasi sederhana, sehingga menjadi mudah dipahami dan dilaksanakan
oleh guru.
Penyederhanaan format presentasi
dirancang untuk menjadi lebih efisien, tidak terlalu banyak halaman, tetapi
ruang lingkup dan konten tidak berkurang.
Silabus dapat dilakukan dengan
prinsip harmoni antara ide-ide, desain dan pelaksanaan program, guru dalam
mengajar kemudahan, kenyamanan bagi peserta didik dalam belajar, pencapaian
keterampilan terukur, signifikansi, dan untuk studi kegunaan sebagai persiapan
untuk hidup dan pendidikan berkelanjutan peserta didik.
Bantuan guru Bapak / Ibu dalam
pengembangan alat belajar, di sini kita berbagi Program Silabus 2013 edisi SD /
MI direvisi terbaruuntuk semua mata pelajaran.
Berikut Langsung ke TKP – Download Silabus SD K13 Revisi Terbaru
1. Silabus Tematik Terpadu SD
Kurikulum 2013 Revisi : (DOWNLOAD DISINI)
2. Silabus Matematika SD :
(DOWNLOAD DISINI)
3. Silabus PJOK SD : (DOWNLOADDISINI)
4. SILABUS K13 -PAI Kls 1-6 :
(DOWNLOAD DISINI)
Demikian tentang Download Gratis
Silabus SD K13 Revisi Terbaru. Kiranya bermanfaat bagi Bapak/Ibu Guru sekalian.
Silahkan berbagi informasi ini untuk yang lainnya. Terima Kasih.
COMMENTS