Salah satu perangkat penilaian Analisis Hasil Belajar Siswa untuk Kenaikan Kelas bagi sekolah adalah tes. Tujuan Yang penting adalah menemukan tingka
Terkait
dengan Analisis Hasil Belajar Siswa, berikut pandangan universal yang pokok
dalam melaksanakan penilaian, adalah triangulasi atau hubungan sempit tiga
komponen, yaitu antara tujuan pembelajaran, Kegiatan pembelajaran dan evaluasi.
Kegiatan Belajar mengajar(KBM) Dirancang dalam bentuk rencana pengajaran yang
dikompilasi oleh guru dengan referensi Dalam tujuan yang ingin dicapai.
Evaluasi adalah kegiatan pengumpulan data Mengukur sejauh mana tujuan tercapai.
Sementara KBM dirancang dan Dikompilasi dengan mengacu pada tujuan yang
ditetapkan. Selain merujuk Tujuan evaluasi juga harus merujuk atau disesuaikan
dengan KBM lemah Definisi tentang evaluasi di atas dapat dipahami daripada Evaluasi
adalah kegiatan yang mengumpulkan informasi tentang sesuatu diimplementasikan
dan kemudian digunakan untuk menentukan alternatif di dalam untuk mengambil
keputusan. Sedangkan penilaian pendidikan selain bagaimana mengetahui ukuran
sejauh mana harapan telah berhasil, dapat bermanfaat sebagai dasar untuk
membuat keputusan di dunia pendidikan.
Perangkat Analisis Hasil Belajar Siswa
untuk Kenaikan Kelas
Salah
satu perangkat penilaian Analisis Hasil Belajar Siswa untuk Kenaikan Kelas bagi sekolah adalah tes. Tujuan Yang penting
adalah menemukan tingkat kapasitas siswa, Mengukur pertumbuhan dan perkembangan
siswa, mendiagnosis kesulitan Pelajari siswa, ketahui hasil pendidikan,
mengetahui hasil belajar, Dorong guru guru yang lebih baik. Memeriksa tujuan,
tes dibedakan dalam empat jenis, yaitu tes investasi/masuk, tes diagnostik, ujian formatif dan sampel. Tes masuk dilakukan pada awal pelajaran untuk Ketahui
tingkat kapasitas siswa. Tes diagnostik untuk diketahui kesulitan belajar yang
dihadapkan siswa. Tes formatif untuk mendapatkan Masukkan tingkat implementasi
proses pembelajaran yang berhasil. Ujian kenaikan kelas diberikan pada akhir pelajaran
atau pada akhir semester. Hasilnya adalah untuk Ketahui keberhasilan belajar
siswa.
Dari
Analisis Hasil Belajar Siswa untuk Kenaikan Kelas; Penggunaan data evaluasi uji
peningkatan kelas (UKK) sangat Berguna tidak hanya untuk guru, tetapi juga
untuk siswa, sutradara dan Pengawas pendidikan untuk meningkatkan pelatihan
pendidikan di sekolah dalam hal perencanaan, implementasi atau implementasi,
dan di dalam Evaluasi, pengawasan atau penentuan hasil pendidikan.
Analisis Tahap persiapan ujian
kenaikan kelas
Dari
uraian di atas Dapat disimpulkan bahwa uji Sumative/ujian kenaikan kelas adalah
bentuk alat evaluasi yang akan digunakan untuk diambil keputusan.
Tahapan
persiapan uji adalah sebagai berikut :
- Tetapkan Tujuan Uji
- Analisis Kurikulum
- Analisis Sumber Peralatan Belajar
- Penyusunan kisi-kisi soal
- Tulis indikator pertanyaan
- Tulis pertanyaan
- Reproduksi tes terbatas
- Tes percobaan
- Analisis pertanyaan
- Revisi Pertanyaan yang dibuat
- Tentukan pertanyaan yang bagus
- Merancang pertanyaan sebagai tes (Silverius, 1991: 13)
Soal bersifat objektif
Bentuk
tes sebagai analisis hasil belajar siswa untuk kenaikan kelas, yang digunakan di sekolah dapat diklasifikasikan dalam dua Artinya adalah
mengucapkan tes objektif dan tes tidak bertujuan. Tujuan di sini terlihat dari sistem
Penangkapan, yang merupakan siapa saja yang memeriksa lembar respons tes menghasilkan
skor yang sama. Tidak ada tes objektif adalah sistem yang system Wajib militer
dipengaruhi oleh pencetak gol. Dengan kata lain, tes objektif adalah Tes yang
merupakan sistem masuk obyektif, sementara pengujian sistem non-obyektif Wajib
militernya dipengaruhi oleh subjektivitas pencetak gol. Pada tes obyektif,
siswa hanya memilih jawaban Benar di antara jawaban yang tersedia, atau berikan
jawaban singkat atau melengkapi respons pernyataan yang tidak sempurna.
Analisis butir pertanyaan
Terkait analisis hasil belajar siswa untuk kenaikan kelas adalah kegiatan yang harus dibuat oleh guru adalah tingkatkan kualitas pertanyaan yang telah ditulis. Kegiatan ini adalah suatu proses Koleksi, hocus dan penggunaan informasi respons siswa untuk Membuat keputusan untuk setiap evaluasi. Oleh karena itu tujuan penelitian ini adalah itu Masalah kualitas diperoleh sebelum digunakan, untuk membantu Anda meningkatkan Tes dengan revisi dan untuk menemukan informasi diagnostik pada siswa. Pertanyaan Kualitas adalah pertanyaan yang dapat memberikan informasi yang akurat seperti itu Sesuai dengan tujuan.
Analisis Pertanyaan Kualitatif
Dalam prinsip analisis pertanyaan tentang masalah yang diimplementasikan secara kualitatif Berdasarkan masalah masalah penulisan. Aspek yang diperhitungkan dalam pemeriksaan Secara kualitatif adalah tinjauan bahan dalam hal material, konstruksi, bahasa / budaya, dan kunci jawaban / panduan.
Jangan Lupa Baca Juga : Bagaimana Memahami penerapan analisis hasil belajar siswa yg biking guru berhasil
COMMENTS