--> Garis Waktu Bioteknologi: Peristiwa Penting Dan Penemuan Dalam Bioteknologi | YLINFODIK

Garis Waktu Bioteknologi: Peristiwa Penting Dan Penemuan Dalam Bioteknologi

Garis Waktu Bioteknologi: Peristiwa Penting Dan Penemuan Dalam Bioteknologi 1977: Era bioteknologi tiba dengan "somatostatin" - faktor penghambat pel

 

Garis Waktu Bioteknologi: Peristiwa Penting Dan Penemuan Dalam Bioteknologi

Garis Waktu Bioteknologi: Peristiwa Penting Dan Penemuan Dalam Bioteknologi

1977: Era bioteknologi tiba dengan "somatostatin" - faktor penghambat pelepas hormon pertumbuhan manusia, protein manusia pertama yang diproduksi dalam bakteri oleh Genentech, Inc. Gen rekombinan sintetis digunakan untuk mengkloning protein untuk pertama kalinya.

 1978: Genentech, Inc. dan Pusat Medis Nasional Kota Harapan mengumumkan keberhasilan produksi laboratorium insulin manusia menggunakan teknologi DNA rekombinan. Hutchinson dan Edgell menunjukkan bahwa mungkin untuk.

1977:

Era bioteknologi tiba dengan "somatostatin" - faktor penghambat pelepas hormon pertumbuhan manusia, protein manusia pertama yang diproduksi dalam bakteri oleh Genentech, Inc. Gen rekombinan sintetis digunakan untuk mengkloning protein untuk pertama kalinya.

1978:

Genentech, Inc. dan Pusat Medis Nasional Kota Harapan mengumumkan keberhasilan produksi laboratorium insulin manusia menggunakan teknologi DNA rekombinan. Hutchinson dan Edgell menunjukkan adalah mungkin untuk memperkenalkan mutasi spesifik di situs tertentu dalam molekul DNA.

1979:

Sir Walter Bodmer menyarankan cara menggunakan teknologi DNA untuk menemukan penanda gen untuk menunjukkan penyakit genetik tertentu dan pembawanya. John Baxter melaporkan kloning gen untuk hormon pertumbuhan manusia.

1980:

Model prokariota, E. coli, digunakan untuk memproduksi insulin dan obat lain, dalam bentuk manusia. Para peneliti berhasil memperkenalkan gen manusia - yang mengkode protein interferon - ke dalam bakteri. Paten AS untuk kloning gen diberikan kepada Cohen dan Boyer.

1981:

Para ilmuwan di Ohio University menghasilkan hewan transgenik pertama dengan mentransfer gen dari hewan lain ke tikus. Mesin sintesis gen pertama dikembangkan. Ilmuwan China berhasil mengkloning ikan mas emas.

1982:

Genentech, Inc. menerima persetujuan dari Food and Drug Administration untuk memasarkan insulin manusia hasil rekayasa genetika. Applied Biosystems, Inc. memperkenalkan pengurut protein fase gas komersial pertama.

1983:

Reaksi berantai polimerase ditemukan oleh Kary B Mullis. Kromosom buatan pertama disintesis, dan penanda genetik pertama untuk penyakit bawaan spesifik ditemukan.

1984:

Chiron Corp. mengumumkan kloning dan pengurutan pertama dari seluruh genom human immunodeficiency virus (HIV). Alec Jeffreys memperkenalkan teknik sidik jari DNA untuk mengidentifikasi individu. Vaksin rekayasa genetika pertama dikembangkan.

1985:

Cetus Corporation mengembangkan teknologi reaksi rantai polimerase (PCR) GeneAmp, yang dapat menghasilkan miliaran salinan urutan gen yang ditargetkan hanya dalam beberapa jam. Para ilmuwan menemukan penanda gen untuk cystic fibrosis pada kromosom nomor 7.

1986:

Vaksin manusia rekayasa genetika pertama - Recombivax HB Chiron - disetujui untuk pencegahan hepatitis B. Resimen ilmuwan dan teknisi di Caltech and Applied Biosystems, Inc. menemukan pengurutan fluoresensi DNA otomatis.

1987:

Tes luar ruangan pertama pada bakteri rekayasa genetika diperbolehkan. Ini menghambat pembentukan embun beku pada tanaman. Penggerak plasminogen jaringan (tPA) Genentech, dijual sebagai Activase, disetujui sebagai pengobatan untuk serangan jantung.

1988:

Ahli genetika molekuler Harvard Philip Leder dan Timothy Stewart memberikan paten pertama untuk hewan yang diubah secara genetik, tikus yang sangat rentan terhadap kanker payudara

1989:

Ilmuwan UC Davis mengembangkan vaksin rekombinan untuk melawan virus rinderpest yang mematikan. Proyek genom manusia didirikan, sebuah kolaborasi antara ilmuwan dari negara-negara di seluruh dunia untuk mengerjakan seluruh kode genetik manusia.

1990:

Terapi gen pertama terjadi, pada seorang gadis empat tahun dengan gangguan sistem kekebalan yang disebut defisiensi ADA. Proyek genom manusia secara resmi diluncurkan.

1991:

Mary-Claire King, dari University of California, Berkeley, menemukan bukti bahwa gen pada kromosom 17 menyebabkan bentuk kanker payudara yang diturunkan dan juga meningkatkan risiko kanker ovarium. Tracey domba transgenik pertama lahir.

1992:

Xenotransplantasi hati pertama dari satu jenis hewan ke hewan lain berhasil dilakukan. Proleukin Chiron disetujui untuk pengobatan kanker sel ginjal.

1993:

FDA menyatakan bahwa makanan rekayasa genetika "tidak berbahaya secara inheren" dan tidak memerlukan peraturan khusus. Betaseron Chiron disetujui sebagai pengobatan pertama untuk multiple sclerosis dalam 20 tahun.

1994:

Produk makanan rekayasa genetika pertama, tomat Flavr Savr, mendapat persetujuan FDA. Gen kanker payudara pertama ditemukan. Nutropin Genentech disetujui untuk pengobatan defisiensi hormon pertumbuhan.

1995:

Para peneliti di Duke University Medical Center mentransplantasikan hati dari babi yang diubah secara genetik ke babun, membuktikan bahwa operasi lintas spesies mungkin dilakukan. Bakteri Haemophilus influenzae adalah organisme hidup pertama di dunia yang seluruh genomnya diurutkan.

1996:

Avonex Biogen disetujui untuk pengobatan multiple sclerosis. Penemuan gen yang terkait dengan penyakit Parkinson memberikan jalan baru yang penting dari penelitian tentang penyebab dan pengobatan potensial dari penyakit neurologis yang melemahkan.

1997:

Para peneliti di Institut Roslin Skotlandia melaporkan bahwa mereka telah mengkloning seekor domba bernama Dolly dari sel seekor domba dewasa. FDA menyetujui Rituxan, terapi berbasis antibodi pertama untuk kanker.

1998:

Genom hewan lengkap pertama cacing C.elegans diurutkan. James Thomson di Wisconsin dan John Gearhart di Baltimore masing-masing mengembangkan teknik untuk membiakkan sel induk embrionik.

1999:

Tes diagnostik medis baru untuk pertama kalinya akan memungkinkan identifikasi cepat BSE/CJD, bentuk penyakit neurologis yang langka namun menghancurkan yang ditularkan dari sapi ke manusia.

2000:

"Beras Emas," dimodifikasi untuk membuat vitamin A. Babi kloning lahir untuk pertama kalinya dalam pekerjaan yang dilakukan oleh Alan Coleman dan timnya di PPL, perusahaan berbasis di Edinburgh yang bertanggung jawab atas domba Dolly.

2001:

Urutan genom manusia diterbitkan di Science and Nature, sehingga memungkinkan para peneliti di seluruh dunia untuk mulai mengembangkan pengobatan berbasis genetik untuk penyakit.

2002:

Para peneliti mengurutkan DNA beras, dan merupakan tanaman pertama yang genomnya diterjemahkan.

2003:

Urutan genom manusia selesai.

Garis Waktu Bioteknologi: Peristiwa Penting Dan Penemuan Dalam Bioteknologi

#tag:

bioteknologi, ilmu pengetahuan, genom manusia, industri, bisnis


COMMENTS

Name

anak usia dini,1,anak zaman now,6,Analisis hasil belajar,8,Artikel,8,Bank Soal SD dan MI,25,Belajar dari rumah,11,Berita,4,Guru Abad21,2,Guru Kreatif,5,Guru-Kepsek,2,Infodik,5,Internet,2,kebaktian natal sekolah,1,Kebiasaan Kepala Sekolah 2020,1,Krisis Rusia-Ukraina,3,Kurikulum,3,media pembelajaran online,1,PAUD,1,Pengetahuan Umum,8,Perangkat,2,Perangkat PAUD-TK,3,Perangkat SD,17,RPP 1 Lembar SD-MI,10,RPP Daring,6,Sains,16,Silabus SD-MI,1,Sosiologi,7,Tahun ajaran baru,7,Technology,4,Tugas Belajar,1,
ltr
item
YLINFODIK: Garis Waktu Bioteknologi: Peristiwa Penting Dan Penemuan Dalam Bioteknologi
Garis Waktu Bioteknologi: Peristiwa Penting Dan Penemuan Dalam Bioteknologi
Garis Waktu Bioteknologi: Peristiwa Penting Dan Penemuan Dalam Bioteknologi 1977: Era bioteknologi tiba dengan "somatostatin" - faktor penghambat pel
https://1.bp.blogspot.com/-4S-ycAKICBQ/YUL4oG9WAlI/AAAAAAAAAIg/ZpsY4OXWKGUySl3-8vvoEjsBfJKPZYVIwCLcBGAsYHQ/w400-h265/Garis%2BWaktu%2BBioteknologi%2BPeristiwa%2BPenting%2BDan%2BPenemuan%2BDalam%2BBioteknologi-post.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-4S-ycAKICBQ/YUL4oG9WAlI/AAAAAAAAAIg/ZpsY4OXWKGUySl3-8vvoEjsBfJKPZYVIwCLcBGAsYHQ/s72-w400-c-h265/Garis%2BWaktu%2BBioteknologi%2BPeristiwa%2BPenting%2BDan%2BPenemuan%2BDalam%2BBioteknologi-post.jpg
YLINFODIK
http://www.ylinfodik.my.id/2021/09/garis-waktu-bioteknologi-peristiwa.html
http://www.ylinfodik.my.id/
http://www.ylinfodik.my.id/
http://www.ylinfodik.my.id/2021/09/garis-waktu-bioteknologi-peristiwa.html
true
1063751320796167169
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All ARTIKEL TERKAIT UNTUK ANDA LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content
https://globeshyso.com/dpmeFmz/d.GTNmvzZzGNUO/Repmj9GuDZmU/lJkWPGTmQszVODTOU/4/NkTKMitCNdD/Mr5LN-TJgw1PNTAI