--> Sains kita: Big Bang Booming - Kembali Ke Masa Depan | YLINFODIK

Sains kita: Big Bang Booming - Kembali Ke Masa Depan

Big Bang Booming - Kembali Ke Masa Depan - Ahli kosmologi teoretis menghabiskan banyak waktu mereka untuk menyempurnakan apa yang sekarang dikenal sebagai Teori 'Big Bang'. Konsep ini berasal dari ide-ide yang meresap di benak para ilmuwan, teolog, dan astronom selama berabad-abad. Namun, banyak dari apa yang mereka anggap sebagai bukti 'Big Bang' bergantung pada eksperimen tak terkendali yang dibentuk untuk memenuhi harapan mereka.

Ahli kosmologi teoretis menghabiskan banyak waktu mereka untuk menyempurnakan apa yang sekarang dikenal sebagai teori 'Big Bang'. Konsep ini berasal dari ide-ide yang meresap di benak para ilmuwan, teolog, dan astronom selama berabad-abad. Namun, banyak dari apa yang mereka anggap sebagai bukti 'Big Bang' bergantung pada eksperimen tak terkendali yang dibentuk untuk memenuhi harapan mereka.

Kemudian Tuhan berkata, "Jadilah terang," dan jadilah terang. Deskripsi kuno tentang penciptaan alam semesta yang ditemukan dalam Kitab Kejadian ini mungkin akurat. Teori big bang menggambarkan awal alam semesta sebagai telah diendapkan dari titik yang sangat kecil. Dalam volume kecil ini, semua materi dan energi terkonsentrasi sampai isinya meledak baik dalam ekspansi halus atau ledakan energik yang sangat dahsyat yang membentuk planet, bintang, dan galaksi. Awalnya teori ini memiliki persaingan dari apa yang disebut teori 'keadaan tetap' di mana alam semesta selamanya mengembang dan materi serta energi baru diciptakan secara spontan di dalam ruang yang ditinggalkan oleh galaksi-galaksi yang menyusut. Namun, pengamatan empiris telah mengarahkan para astronom dan ilmuwan untuk menerima model big bang. Tapi bagaimana kita sampai pada titik ini dalam pemahaman kita?

Pada awal abad kedua puluh, astronom Amerika Vesto Slipher dan Carl Wirtz dari Jerman membuat beberapa penemuan astronomi yang penting. Menggunakan analisis spektral, Slipher menguraikan campuran gas yang terkandung di atmosfer planet serta nebula. Apa yang membedakan temuannya adalah penemuan bahwa sebagian besar jika tidak semua galaksi di luar kita sendiri menunjukkan apa yang disebut 'Pergeseran Merah'. Pergeseran ini hanyalah perubahan panjang gelombang cahaya yang dipancarkan oleh benda-benda yang diselidiki menuju panjang gelombang yang lebih panjang. Wirtz juga membuat katalog banyak pergeseran merah nebula yang dia pilih untuk dipelajari. Tetapi masih terlalu dini bagi mereka untuk menyadari potensi penuh dari pengamatan mereka. Itu akan menunggu sampai Relativitas Umum Einstein ditafsirkan oleh ilmuwan lain melalui analisis matematis lebih lanjut.

Orang-orang sezamannya menunjukkan kepada Einstein bahwa Teori Relativitas Umum barunya yang diterbitkan pada tahun 1916 tidak sesuai dengan alam semesta ruang waktu yang 'statis'. Teori ini meramalkan alam semesta yang mengembang atau runtuh tetapi bukan kosmos yang tetap. Karena dia secara pribadi percaya bahwa alam semesta sebagai kontinum ruang waktu yang tidak berubah, Einstein terlibat dalam suatu tingkat legerdemain ilmiah. Untuk mengoreksi apa yang dia anggap sebagai 'cacat' dalam teorinya, dia menambahkan penemuan konstanta kosmologis yang dikenal sebagai lambda untuk memaksa alam semesta statis menjadi kenyataan. Pandangan Einstein tentang kesempurnaan dalam kontinum ruang-waktu yang tidak berubah telah membawanya ke jalan buntu seperti halnya konsep kesempurnaan Aristoteles telah membawa filsuf besar itu ke dalam kesalahan dalam mempercayai Bumi statis di pusat alam semesta.

Tetapi bahkan dengan penambahan lambda konstanta kosmologis, alam semesta masih ditemukan tidak stabil dan seluruh urusan ini nantinya akan dilihat oleh Einstein sebagai "kesalahan terbesarnya". Akrobat kosmologisnya di belakangnya, Einstein menyerahkan panggung kepada orang lain untuk pemahaman yang lebih jelas tentang teorinya sendiri. Itu jatuh ke Alexander Alexandrovich Friedmann untuk mempertimbangkan konsekuensi dari Relativitas Umum tanpa lambda konstan mengganggu studinya tentang hubungan ini. Dengan melakukan itu, ahli matematika dan kosmologi Rusia memperoleh solusi yang memprediksi struktur kosmologis yang terus berkembang (1922), sebuah prediksi yang tidak sesuai dengan konsep kesempurnaan universal Einstein. Beberapa tahun kemudian, Friedmann menerbitkan temuannya dalam "Tentang Kemungkinan Dunia dengan Kelengkungan Ruang Negatif Konstan." Tetapi seluruh konstruk hipotetis masih kekurangan verbalisasi yang lengkap secara matematis dan teoritis.

Masuki Pendeta Pastor Georges Lemaitre, seorang imam Katolik dari Belgia. Pdt. Lemaitre memberikan persamaan yang diperlukan untuk merumuskan dasar teori Big Bang dalam karyanya yang berjudul "Hipotesis Atom Purba." Dia mendalilkan bahwa alam semesta dimulai sebagai atom primordial dengan volume sangat kecil dan energi massa yang sangat besar serta ruang dan waktu dan segala sesuatu yang menyusun alam semesta masa depan. Pada titik tertentu alam semesta dimulai dengan ledakan atom super ini. Lemaitre menerbitkan ide-ide teoretisnya antara tahun 1927 dan 1933 dan berspekulasi bahwa pergerakan nebula menunjukkan validitas ledakan super atom kosmiknya. Sayangnya, dia juga salah percaya bahwa sinar kosmik mungkin merupakan efek samping dari ledakan besar super atom. Ini sekarang diketahui dihasilkan bukan dari kebakaran universal tetapi dari sumber galaksi yang tidak terkait dengan big bang.

Namun, teori baru masih kekurangan sumber utama dukungan pengamatan. Ini akan diberikan oleh pengamatan Edwin Hubble tentang pergeseran merah galaksi. Mengambil tempat Slipher dan Wirtz tinggalkan, Hubble menggunakan teknik baru untuk membedakan sifat-sifat gerakan galaksi. Dengan memilih untuk mengamati bintang yang dikenal sebagai Variabel Cepheid dia bisa lebih akurat melakukan pengukuran. Cepheid adalah jenis bintang yang mencerahkan dan menggelapkan dan mencerahkan kembali dalam periode waktu reguler yang terkenal. Cepheid yang memiliki waktu siklus yang identik untuk mencerahkan menjadi lebih gelap dan menjadi lebih cerah lagi juga memiliki luminositas yang identik atau hampir identik. Jadi, jika seseorang membandingkan panjang siklus dengan jumlah cahaya yang terlihat oleh pengamat, maka dimungkinkan untuk secara akurat menyiapkan perkiraan jarak ke cepheid.

Dengan cara ini, Hubble telah menemukan bahwa nebula atau galaksi menunjukkan pergeseran merah galaksi; dengan kata lain, galaksi-galaksi itu menjauh dari kita dengan kecepatan yang berkorelasi langsung dengan jarak antara titik pandang kita dan galaksi yang sedang dipelajari. Semakin jauh galaksi-galaksi itu, semakin cepat mereka tampak bergerak menjauh dari kita. Hasil penyelidikan ini sekarang dikenal sebagai Hukum Hubble. Pada dasarnya, hukum ini menyatakan bahwa alam semesta berada dalam mode yang terus berkembang di mana jarak antargalaksi terus bertambah tanpa terikat hingga tak terhingga. Hukum Hubble bergantung pada pergeseran panjang gelombang cahaya dan setelah digambarkan pada tahun 1929, kemudian terbukti berulang kali. Selanjutnya, konstanta Hubble telah dihitung ulang ke nilai yang lebih 'sempurna' dan mempertahankan kemungkinan besar untuk 'dihitung ulang' di masa depan berdasarkan pengamatan baru.

Jadi, harus jelas bagi pembaca bahwa para ilmuwan kita memiliki kebiasaan yang menentukan untuk memperkenalkan gagasan kecantikan mereka yang telah terbentuk sebelumnya ke dalam model mereka. Dari Bumi statis Aristoteles hingga kesalahan terbesar Einstein, konstanta yang memaksa alam semesta statis, kita hanya melanjutkan dari kebijaksanaan pikiran kita yang lemah. Semakin banyak hal berubah, semakin banyak hal yang tetap sama. Keangkuhan manusia tidak mengenal batas dalam upaya kita untuk memahami hal-hal tanpa kebijaksanaan untuk memahami makna yang mendasarinya. Rendah hati kita tidak. Kami membuat kesalahan yang sama seperti yang selalu kami lakukan. Kembali ke masa depan.

#Tag:

relativitas, einstein, relativitas khusus, albert einstein, ilmupengetahuan, fisika, matematika, matematika

COMMENTS

Name