--> Sosiologi: Teori Pilihan | YLINFODIK

Sosiologi: Teori Pilihan

Sosiologi: Teori Pilihan - Anda telah mendengarkan saya selama satu tahun sekarang berbicara tentang Teori Pilihan tetapi saya tahu saya tidak pernah

 

Sosiologi: Teori Pilihan

YLINFODIK - Sosiologi: Teori Pilihan - Anda telah mendengarkan saya selama satu tahun sekarang berbicara tentang Teori Pilihan tetapi saya tahu saya tidak pernah benar-benar menjelaskan apa itu Teori Pilihan. Choice Theory sebenarnya merupakan penjelasan dari semua perilaku manusia yang dikembangkan oleh Dr. William Glasser.

Anda telah mendengarkan saya selama satu tahun sekarang berbicara tentang Teori Pilihan tetapi saya tahu saya tidak pernah benar-benar menjelaskan apa itu Teori Pilihan. Choice Theory sebenarnya merupakan penjelasan dari semua perilaku manusia yang dikembangkan oleh Dr.William Glasser.

Pada dasarnya ada lima komponen teori ini—kebutuhan dasar manusia, dunia kualitas, dunia persepsi, tempat pembanding, dan perilaku total. Saya akan memberikan gambaran singkat masing-masing, dimulai dengan lima kebutuhan dasar manusia.

 Kebutuhan Dasar Manusia 

Sosiologi: Teori Pilihan

Kita dilahirkan dengan lima kebutuhan dasar manusia—bertahan hidup, cinta & memiliki, kekuatan, kebebasan, dan kesenangan. Kita semua dilahirkan dengan kebutuhan ini, tetapi kita mengalaminya dalam tingkat yang berbeda-beda. Seseorang mungkin memiliki kebutuhan cinta & rasa memiliki yang tinggi, sementara orang lain memiliki kebebasan yang tinggi. Kita dilahirkan dengan kebutuhan ini dan secara biologis didorong untuk memenuhinya dengan cara terbaik yang tersedia bagi kita.

Dunia Berkualitas

Ini adalah tempat yang ada di dalam diri kita semua di mana kita menyimpan gambar hal-hal yang telah memenuhi satu atau lebih kebutuhan dasar kita di masa lalu atau hal-hal yang kita pikir dapat memuaskan mereka di masa depan. Hal-hal ini tidak harus memenuhi definisi kualitas masyarakat. Alkohol ada di dunia kualitas seorang pecandu alkohol, menguatkan mobil di dunia kualitas pencuri mobil, dan kekerasan dalam rumah tangga ada di dunia kualitas seorang pemukul. Hanya dua persyaratan untuk masuk ke dunia kualitas adalah memenuhi satu atau lebih kebutuhan kita dan rasanya enak.

Dunia yang Dirasakan

Ada banyak yang bisa dikatakan tentang dunia yang dirasakan tetapi untuk tujuan artikel ini, yang ingin saya katakan adalah bahwa kita masing-masing memiliki persepsi kita sendiri tentang dunia. Sistem sensorik kita mengambil informasi melalui penglihatan, sentuhan, suara, rasa dan aroma, namun kita semua memiliki cara unik untuk memproses informasi tersebut berdasarkan pengalaman hidup kita, budaya kita, dan nilai-nilai kita.

Hal utama yang perlu diingat tentang dunia yang dipersepsikan adalah jika Anda bertemu dengan orang lain yang dunia persepsinya tidak sesuai dengan dunia Anda, bukan berarti salah satu dari Anda salah. Itu hanya berarti Anda berbeda. Mengingat pernyataan sederhana ini akan mengurangi banyak perselisihan dan pertengkaran yang terjadi dalam kehidupan orang-orang. Menerima fakta ini berarti kita bisa melepaskan kebutuhan untuk meyakinkan orang lain tentang sudut pandang kita. Kami hanya bisa menerima kenyataan bahwa kami melihat sesuatu secara berbeda dan melanjutkan.

Tempat Membandingkan

Tempat membandingkan adalah di mana kita menimbang apa yang kita inginkan dari dunia kualitas kita terhadap persepsi kita tentang apa yang kita yakini benar-benar kita dapatkan. Ketika dua hal ini cocok, semuanya baik-baik saja.

Namun, ketika persepsi dan dunia kualitas kita tidak sejalan, dengan kata lain kita merasa bahwa kita tidak memiliki hal-hal yang kita inginkan, maka kita terdorong untuk bertindak untuk mendapatkan hal-hal yang kita pikirkan. Orang pada umumnya tidak membuat banyak kemajuan atau mengubah hal-hal yang mereka lakukan saat ini kecuali mereka berada dalam tingkat ketidaknyamanan tertentu—semakin besar rasa sakitnya, semakin besar motivasi untuk mencoba sesuatu yang berbeda.

Di sinilah kebijaksanaan konvensional memberi tahu kita bahwa jika kita menginginkan yang terbaik untuk orang lain dalam hidup kita, maka adalah tanggung jawab kita untuk meningkatkan tingkat rasa sakit mereka agar mereka melakukan sesuatu secara berbeda karena kita umumnya tahu apa yang terbaik untuk mereka. Benar?

Salah. Kita hanya bisa tahu apa yang terbaik untuk diri kita sendiri. Ingat, dunia yang kita rasakan semuanya berbeda. Kami memiliki nilai dan pengalaman yang unik. Bagaimana kita bisa tahu apa yang terbaik untuk orang lain ketika kita tidak berada di kulit mereka atau menjalani hidup mereka? Kita hanya bisa tahu apa yang terbaik untuk diri kita sendiri.

Perilaku Total

Ada dua hal utama tentang perilaku. Pertama adalah bahwa semua perilaku memiliki tujuan dan kedua adalah bahwa semua perilaku adalah total. Mari kita mulai dengan gagasan bahwa semua perilaku adalah total. Ada empat komponen perilaku yang tidak dapat dipisahkan—tindakan, pemikiran, perasaan, dan fisiologi. Ini semua ada secara bersamaan selama perilaku tertentu di mana kita terlibat. Dua komponen pertama—bertindak dan berpikir—adalah satu-satunya komponen yang dapat kita kendalikan secara langsung. Artinya, jika kita ingin mengubah perasaan kita atau sesuatu yang terjadi dalam tubuh kita (fisiologi), maka kita harus terlebih dahulu secara sadar mengubah apa yang kita lakukan atau pikirkan.

Adapun semua perilaku yang bertujuan, semua perilaku adalah upaya terbaik kita untuk mendapatkan sesuatu yang kita inginkan. Kami tidak pernah bertindak dalam menanggapi beberapa stimulus eksternal. Kami selalu bertindak proaktif untuk mendapatkan sesuatu yang kami inginkan. Artinya, ketika saya membentak anak saya untuk membersihkan kamarnya setelah memintanya dengan baik beberapa kali, saya tidak berteriak karena anak saya “membuat saya marah”. Saya berteriak karena saya masih menggunakan upaya terbaik saya untuk membuatnya melakukan apa yang saya inginkan, yaitu membersihkan kamarnya. Ini sepertinya saya membelah rambut tetapi ini adalah perbedaan penting yang harus dibuat ketika Anda mencoba untuk beralih dari peran korban ke peran orang yang diberdayakan.

 Implikasinya 

Sosiologi: Teori Pilihan

Teori Pilihan cukup banyak menyingkirkan kita dari gagasan bahwa orang-orang "berperilaku tidak baik." Semua orang lakukan adalah upaya terbaik mereka untuk mendapatkan sesuatu yang mereka inginkan. Tentu saja dalam prosesnya, mereka mungkin melanggar hukum, mengabaikan aturan dan menyakiti orang lain, tetapi itu adalah efek samping dari melakukan yang terbaik yang mereka tahu bagaimana memenuhi kebutuhan mereka. Kita semua melakukan yang terbaik—beberapa dari kita hanya memiliki alat, sumber daya, dan perilaku yang lebih baik daripada yang lain.

Jika kita menganut konsep Choice Theory, maka fungsi kita seharusnya lebih mendidik dan membantu orang lain mengevaluasi sendiri efektivitas perilaku mereka sendiri. Ketahuilah bahwa sering kali mereka akan terus melakukan hal-hal persis seperti yang mereka lakukan karena hal itu sudah biasa dan/atau karena apa yang mereka lakukan benar-benar membuat mereka mendapatkan sesuatu yang mereka inginkan. Bukan tugas kita untuk menghentikan mereka, juga bukan tugas kita untuk menyelamatkan mereka dari konsekuensi perilaku mereka sendiri.

Kami hanya dapat melakukan upaya terbaik kami untuk membantu orang lain mengevaluasi keefektifan perilaku mereka dan memilih cara lain yang mungkin tidak melanggar aturan atau tidak menyakiti orang atau orang lain. Kemudian, kita harus menyingkir dan membiarkan situasinya berjalan. Ini mungkin tampak sulit dilakukan—seperti Anda tidak melakukan pekerjaan Anda sebagai orang tua, guru, konselor, atau supervisor, namun, saya bertanya, apa alternatifnya?  

Sosiologi: Teori Pilihan

Ketika Anda mencoba untuk memaksa atau memaksa atau menyuap orang lain untuk melakukan hal-hal yang dia tidak ingin lakukan, Anda mungkin berhasil. Anda mungkin dapat menemukan hadiah yang tepat atau menciptakan konsekuensi yang cukup menyakitkan untuk membuat orang lain melakukan apa yang Anda inginkan, tetapi dengan melakukan itu Anda menumbuhkan kebencian dan penghinaan. Hubungan Anda akan menderita. Jika Anda percaya, seperti saya, bahwa hubungan adalah akar dari semua pengaruh, maka Anda kehilangan kemampuan untuk memengaruhi orang lain dengan menggunakan kontrol eksternal.

#Tag:

Teori pilihan, dunia kualitas,Glasser, kontrol, hubungan, perilaku, kebutuhan manusia 

COMMENTS

Name

anak usia dini,1,anak zaman now,6,Analisis hasil belajar,8,Artikel,8,Bank Soal SD dan MI,25,Belajar dari rumah,11,Berita,4,Guru Abad21,2,Guru Kreatif,5,Guru-Kepsek,2,Infodik,5,Internet,2,kebaktian natal sekolah,1,Kebiasaan Kepala Sekolah 2020,1,Krisis Rusia-Ukraina,3,Kurikulum,3,media pembelajaran online,1,PAUD,1,Pengetahuan Umum,8,Perangkat,2,Perangkat PAUD-TK,3,Perangkat SD,17,RPP 1 Lembar SD-MI,10,RPP Daring,6,Sains,16,Silabus SD-MI,1,Sosiologi,7,Tahun ajaran baru,7,Technology,4,Tugas Belajar,1,
ltr
item
YLINFODIK: Sosiologi: Teori Pilihan
Sosiologi: Teori Pilihan
Sosiologi: Teori Pilihan - Anda telah mendengarkan saya selama satu tahun sekarang berbicara tentang Teori Pilihan tetapi saya tahu saya tidak pernah
https://1.bp.blogspot.com/-kbw8mT9lyeU/YTFbIf1FPqI/AAAAAAAAAEQ/8GkgRXU4wiw4agmeEazD8s8vtvkLOC-GgCLcBGAsYHQ/w400-h266/sosiologi%2Bteori%2Bpilihan%2B-%2Bpos.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-kbw8mT9lyeU/YTFbIf1FPqI/AAAAAAAAAEQ/8GkgRXU4wiw4agmeEazD8s8vtvkLOC-GgCLcBGAsYHQ/s72-w400-c-h266/sosiologi%2Bteori%2Bpilihan%2B-%2Bpos.jpg
YLINFODIK
http://www.ylinfodik.my.id/2021/09/sosiologi-teori-pilihan.html
http://www.ylinfodik.my.id/
http://www.ylinfodik.my.id/
http://www.ylinfodik.my.id/2021/09/sosiologi-teori-pilihan.html
true
1063751320796167169
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All ARTIKEL TERKAIT UNTUK ANDA LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content
https://globeshyso.com/dpmeFmz/d.GTNmvzZzGNUO/Repmj9GuDZmU/lJkWPGTmQszVODTOU/4/NkTKMitCNdD/Mr5LN-TJgw1PNTAI