--> Kebaktian Natal Sekolah SDN-TKN Satap Oeli’i jadi bukti Allah adalah Kasih | YLINFODIK

Kebaktian Natal Sekolah SDN-TKN Satap Oeli’i jadi bukti Allah adalah Kasih

Kebaktian Natal Sekolah, sudah menjadi tradisi bagi sekolah untuk menyelenggarakannya; demikian ini terjadi di SDN Oelii Kupang Barat

Image Kebaktian Natal Sekolah di SDN Oelii


Kebaktian Natal Sekolah - Mearayakan Natal dan Tahun Baru 2020, merupakan suatu kesan dan arti tersendiri bagi siapapun jika dihayati sebagai bukti cinta dan kasih Allah. Demikian hal ini dialami oleh keluarga besar Sekolah Dasar Negeri Oeli’i dan TKN Satap Oeli’i dalam Ibadah Perayaan Natal dan Syukuran Tahun Baru 2020 (Sabtu, 11/01/2020) berlangsung khikmat dan penuh sukacita.

Pujian Pembuka

Kebaktian natal sekolah ini diawali dengan pujian pembuka KJ. 109 : 1-2 “Hari Mari Berhimpun” ditunjukan oleh anak-anak dalam pujian yang penuh sukacita. Merupakan panggilan damai penuh bahagia menyambut Natal dan Tahun Baru. Bapak-Ibu Guru pun tidak kalah ambil bagian  dalam momen tersebut, menunjukan kesiapan untuk masuk dalam suatu ruang merenungi bukti dan cinta kasih Allah.

Pembakaran Lilin

Pembakaran lilin merupakan simbol paling berkesan. Anak-anak pun ambil bagian dalam sesi ini, yakni membakar lilin oleh beberapa anak yang ditunjuk mulai dari siswa TKN Satap Oelii sampai Siswa SD Negeri Oeli’i; sambil diringi lagu malam kudus. Meskipun acara ini berlangsung siang bukan malam. Tetapi tidak mengurangi makna sebagai simbol bahwa Sang Bayi Natal yaitu Yesus Kristus yang datang dan lahir di kandang domba; menjadi terang yang menerangi di tengah-tengah kegelapan dunia. Kita sebagai insan duniawi yang dulunya berasal dari kegelapan kemudian dipulihkan dengan terang yang telah datang itu. Yaitu terang melalui Kelahiran Yesus Kristus yang kemudian menjadi Tuhan dan Juruselamat bagi umat manusia sampai saat ini.

Pertahankan terang yang Tuhan kasih

Karena itu sebagai insan pendidikan yang juga adalah orang-orang percaya mestinya kita perlu pertahankan terang yang Tuhan berikan itu di dalam tugas, pekerjaan, tanggung jawab dan pelayanan kita masing-masing. Baik sebagai insan pendidikan itu sendiri, yang bertanggung jawab bagi bangsa dan negara dan  juga bertanggung jawab bagi Tuhan di dalam Yesus Kristus yang telah lebih dahulu mengasihi kita.

Renungan Natal

Untuk menguatkan makna Kebaktiannatal sekolah dan Tahun Baru sebagai bukti Allah adalah kasih itu. Firman Tuhan 1 Yohanes 4 : 7 – 12; menjadi rujukan sebagaai bahan perenungan.  Pokok perenungan yang berbunyi “Menunjukan Kasih Terlebih Dahulu” dibawakan oleh hamba Tuhan Gusti Kese, M.Th; Mengawali khotbahnya, Hamba Tuhan yang adalah Pelayan Jemaat GMMI Ayalon Oeli’i itu memulainya dengan cerita lucu kepada anak-anak. Anak-anak lalu terbawa dalam suasana tawa. Namun pada intinya yang menjadi penekanan adalah “anak-anak tidak boleh belajar baomong kosong alias penipu”.

Lanjutnya hamba Tuhan yang juga adalah alumni SD Negeri Oeli’i itu, sembari mengungkapkan pengalaman ketika masih sekolah di SD Negeri Oeli’i bahwa ada guru yang biking sedih diri versi dia saat itu. Namun pada akhirnya ada pengakuan bahwa guru yang terlihat seperti jahat itu sebenarnya guru yang paling sayang dan mengsihi kita. 

Dua Cara mengasihi Lebih Dahulu

Ikon yang menjadi inti dan makna perenungan disimpulkan dalam 2 macam bagaimana cara mengasihi lebih dahulu :

1. Lewat Bukti Nyata;

Mengasihi tidak boleh dipahami sebagai ketentuan formal, namun harus dibuktikan dengan perbuatan nyata. Contoh bagi anak-anak; tidak boleh terlambat masuk sekolah, rajin kerja PR, dan tekun belajar. Bagi Guru; mengajar dan mendidik anak dengan penuh kasih. Mengerjakan panggilan tugas dengan penuh tanggung jawab dan dedikasi yang tinggi.

2. Mengasihi Semua Orang;

Mengasihi bukan sebatas orang yang kita sukai dan senangi, tetaapi orang kita benci sekalipun harus dikasihi. Anak-anak tidak boleh menghargai teman yang disukai tetapi semua teman. Sekalipun ada yang rambutnya keriting, lurus, kulitnya putih, hitam, kaya, miskin, dan lainnya. Bagi guru mengasihi dan melayani anak tidak boleh membeda-bedakan anak dari latar belakang yang berbeda-beda. Tetapi perlu mendapat pelayanan yang sama.

Ungkapan Ibu Kepala Sekolah

Setelah ibadah usai; ibu Welmintje Wadu yang adalah kepala sekolah SD Negeri Oeli’i dalam kesan dan salam-salamnya. Hanya mengungkapkan permohonan maaf kepada anak-anak dan semua guru terhadap kekurangan di tahun lalu.  Dan mengucapkan selamat Natal dan Tahun Baru 2020 dengan harapan ada semangat baru dan ada sesuatu yang lebih baik dari tahun lalu.

Kesimpulan dan Penutup

Image Kebaktian Natal Sekolah di SDN Oelii
Foto Siswa SDN Oelii tengah mengikuti ibadah Natal dan Sukuran tahun baru 2020


Akhir dari Kebaktian Natal Sekolah dan Syukuran Tahun Baru; ramah tamah ditandai sebagai bukti Allah adalah Kasih ditunjukan oleh semua anak yang berjabat tangan dengan para guru dalam keadaan berdiri sambil menyanyikan “Selamat Hari Natal dan  Tahun Baru”.  Ya! Selamat! Itu anugerah yang diberikan oleh Tuhan bagi kita untuk berjalan terus dan terus berkarya. Meskipun kita tahu tantangan ke depan; bahwa dunia ini rentang dengan krisis kedamaian, krisis kebaikan dan bahkan krisis teknologi yang bisa saja membunuh moral manusia. Karena itu jika sekolah ini ingin bertahan, maka para guru dan anak-anak,  bahkan siapapun yang membaca artikel ini. Tahun 2020 dan seterusnya bawalah kasih Allah itu di dalam diri, sikap dan kehidupan masing-masing. Percayalah kita akan selamat sampai ke tujuan sesuai visi dan misi kehidupan kita masing-masing. Tuhan Memberkati (y)*.

COMMENTS

Name

anak usia dini,1,anak zaman now,6,Analisis hasil belajar,8,Artikel,8,Bank Soal SD dan MI,25,Belajar dari rumah,11,Berita,4,Guru Abad21,2,Guru Kreatif,5,Guru-Kepsek,2,Infodik,5,Internet,2,kebaktian natal sekolah,1,Kebiasaan Kepala Sekolah 2020,1,Krisis Rusia-Ukraina,3,Kurikulum,3,media pembelajaran online,1,PAUD,1,Pengetahuan Umum,8,Perangkat,2,Perangkat PAUD-TK,3,Perangkat SD,17,RPP 1 Lembar SD-MI,10,RPP Daring,6,Sains,16,Silabus SD-MI,1,Sosiologi,7,Tahun ajaran baru,7,Technology,4,Tugas Belajar,1,
ltr
item
YLINFODIK: Kebaktian Natal Sekolah SDN-TKN Satap Oeli’i jadi bukti Allah adalah Kasih
Kebaktian Natal Sekolah SDN-TKN Satap Oeli’i jadi bukti Allah adalah Kasih
Kebaktian Natal Sekolah, sudah menjadi tradisi bagi sekolah untuk menyelenggarakannya; demikian ini terjadi di SDN Oelii Kupang Barat
https://1.bp.blogspot.com/-_xrqiHhK9eQ/Xi6mNBDBs9I/AAAAAAAAAv0/JS_IR5dse5k06fYMTgl3kOfNfFcF_dXvgCLcBGAsYHQ/s640/SDNO-1%2Bposti%2B1.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-_xrqiHhK9eQ/Xi6mNBDBs9I/AAAAAAAAAv0/JS_IR5dse5k06fYMTgl3kOfNfFcF_dXvgCLcBGAsYHQ/s72-c/SDNO-1%2Bposti%2B1.jpg
YLINFODIK
https://www.ylinfodik.my.id/2020/01/kebaktian-natal-sekolah-sdn-tkn-satap.html
https://www.ylinfodik.my.id/
http://www.ylinfodik.my.id/
http://www.ylinfodik.my.id/2020/01/kebaktian-natal-sekolah-sdn-tkn-satap.html
true
1063751320796167169
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All ARTIKEL TERKAIT UNTUK ANDA LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content
https://globeshyso.com/dpmeFmz/d.GTNmvzZzGNUO/Repmj9GuDZmU/lJkWPGTmQszVODTOU/4/NkTKMitCNdD/Mr5LN-TJgw1PNTAI