--> Siswa Anda sulit belajar? Pahami faktor yang mempengaruhi proses belajar nya. | YLINFODIK

Siswa Anda sulit belajar? Pahami faktor yang mempengaruhi proses belajar nya.

Faktor yang mempengaruhi proses belajar - Secara umum faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar dibedakan menjadu dua kategori, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Kedua faktor tersebut saling mempengaruhi dalam proses individu sehingga menentukan kualitas hasil belajar.

Siswa Anda sulit belajar? Pahami faktor yang mempengaruhi proses belajar nya.


Faktor yang mempengaruhi proses belajar - Secara umum faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar dibedakan menjadi dua kategori, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Kedua faktor tersebut saling mempengaruhi dalam proses individu sehingga menentukan kualitas hasil belajar.

Faktor internal


Faktor internal adalah faktor-faktor yang berasal dari dalam diri individu dan dapat mempengaruhi hasil belajar individu tersebut. Faktor-faktor internal ini meliputi faktor fisiologis dan psikologis.

1. Faktor fisiologis


Faktor fisiologis adalah faktor yang berhubungan dengan kondisi fisik individu. Faktor ini dibedakan menjadi dua macam.

Pertama, keadaan tonus jasmani. Keadaan tonus jasmani pada umumnya sangat mempengaruhi aktivitas belajar seseorang. Kondisi fisik yang sehat dan bugar akan memberikan pengaruh positif terhadap kegitan belajar individu. Sebaliknya, kondisi fisik yang lemah atau sakit akan menghambat tercapainya hasil belajar yang maksimal. Oleh karena keadaan tonus jasmani sangat mempengaruhi proses belajar, maka perlu ada usaha untuk menjaga kesehatan jasmani.

Kedua, keadaan fungsi jasmani/fisiologis. Selama proses belajar berlangsung peran fungsi fisiologis pada tubuh manusia sangat mempengaruhi hasil penlajar, terutama pancaindra. Pancaindra yang berfungsi dengan baik akan mempengaruhi aktivitas belajar dengan baik pula. Dlam proses belajar, pancaindra merupakan pintu masuk bagi segala informasi yang diterima dan ditangkap oleh manusia, sehingga manusia dapat mengenal dunia luar. Pancaindra yang memiliki peran besardalam aktivitas belajar adalah mata dan telinga. Oleh karena itu, baik guru mauoun siswa perlu menjaga pancaindra dengan baik.

2. Faktor psikologis


Faktor-faktor psikologis adalah keadaan psikologis seseorang yang mempengaruhi proses belajar. Beberapa faktor psikoogi yang utama mempengaruhi proses belajar adalah kecerdasan siswa, motivasi, minat, sikap, dan bakat.

kecerdasan siswa/inteligensi siswa

pada umumnya kecerdasan diartikan sebagai kemapuan psiko-fisik dalam mereaksi rangsangan atau menyesuaikan diri dengan lingkungan melalui cara yang tepat. San Dengan demikian kecerdasan bukan hanya berkaitan dengan kualitas otak saja, tetapi juga organ-organ tubuh yang lain. Namun bila dikaitkan dengan kecerdasan, tentunya otak merupakan organ yang penting dibandingkan dengan organ yang lain, karena fungsi otak itu sendiri sebagai pengendali tertinggi dan hampir seluruh aktivitas manusia.

Pemahaman tingkat kecerdasan individu dapat diperoleh orang tua dan guru atau pihak-pihak yang berkepentingan melalui konsultasi dengan psikolog atau psikiater. Sehingga dapat diketahui anaka didik berada pada tingkat kecerdasan yang mana, amat superior, superior, rata-rata atau mungkin lemah mental.

motivasi

Motivasi adalah salah satu faktor memengaruhi keefektifan kegiatan belajar siswa. Motivasilah yang mendorong siswa ingin melakukan kegiatan belajar. Secara umum motivasi dibagi menjadi dua, yaitu motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik. Motivasi intrinsik adalah semua faktor yang berasal dari dalam diri individu dan memberikan dorongan untuk melakukan sesuatu. Seperti seorang siswa yang gemar membaca, karena membaca tidak hanya menjadi aktivitas kesenangannya, tapi bisa juga jadi kebutuhannya. Dalam proses belajar, motivasi intrinsik memiliki pengaruh yang efektif, karena motivasi intrinsik relatif lebih lama dan tidak tergantung pada motivasi dari luar (ekstrinsik).

minat

Secara sederhana minat/interest kecenderungan dan kegairahan yang tinggi atau keinginan yang besar terhadap sesuatu. Minta bukanlah istilah yang populer dalam psikologi, disebabkan ketergantungannya terhadap berbagai faktor internal lainnya, seperti pumusatan perhatian, keingintahuan, motivasi, dan kebutuhan.

Untuk membangkitkan minat belajar siswa tesebut, banyak cara yang bisa digunakan. Antara lain. Pertama, dengan membuat materi yang akan dipelajari semenarik mungkin dan tidak membosankan, baik dari bentuk buku materi, desain pembelajaran yang membebaskan siswa untuk mengekplor apa yang dipelajari, yang melibatkan seluruh domain belajar siswa (kognitif, afektif, psikomotor) sehingga siswa menjadi efektif, maupun performa guru yang menarik saat mengajar. Kedua, pemilihan atau jurusan bidang studi dipilih sendiri oleh siswa sesuai dengan minatnya.

Sikap

Dalam proses belajar, sikap individu dapat memengaruhi keberhasilan proses belajarnya. Sikap adalah gejala internal yang berdimensi aktif berupa kecenderungan untuk mereaksi atau merespon dengan cara yang relatif tetap terhadap objek, orang, peristiwa, dan sebagainya, baik ecara positif maupun negatif.

Sikap siswa dalam belajar dapat dipengaruhi oleh perasaan senang atau tidak senang pada performa guru, pelajaran, atau lingkungan sekitarnya. Dan untuk mengantisipasi munculnya sikap yang negatif dalam belajar, guru sebaiknya berusaha untik menjadi guru yang profesional dan bertanggung jawab terhadap profesi yang dipilihnya.

bakat

faktor psikologis lain yang memengaruhi proses belajar adalah bakat. Secara umum bakat (aptitude) didefinisikan sebagai kemampuan potensial yang dimiliki seseorang untuk mencpai keberhasilan pada masa yang akan datang.

Dengan demikian, bakat adalah kemampuan seseorang yang menjadi salah satu komponen yang diperlukan dalam proses belajar seseorang. Apabila bakat seseorang sesuai dengan bidang yang sedang dipelajarinya, maka bakat itu akan mendukung proses belajarnya sehingga kemungkinan besar ia akan berhasil.

Faktor eksternal  


Selain faktor internal di atas, faktor eksternal juga dapat memengaruhi proses proses belajar siswa. Dalam hal ini Syah(2003) menjelaskan bahwa faktor-faktor eksternal yang memengaruhi belajar dapat digolongkan menjadi dua golongan, faktor lingkungan sosial dan faktor lingkungan nonsosial.

Lingkungan sosial


a. Lingkungan sosial sekolah,
Seperti guru, administrasi, dan teman-teman sekelas dapat memengaruhi proses belajar seorang siswa. Hubungan yang harmonis antara ketiganya dapat menjadi otivasi bagi siswa untuk belajar lebih baik di sekolah. Perilaku yang simpatik dan dapat menjadi teladan seorang guru atau administrasi dapat menjadi pendorong bagi siswa untuk belajar.

b. Lingkungan sosial masyarakat
kondisi lingkungan masyarakat tempat tinggal siswa memengaruhi belajar siswa. Lingkungan siswa yang kumuh, banyak pengangguran dan anak-anak terlantar juga dapat memengaruhi aktivitas belajar siswa, paling tidak siswa kesulitan ketika memerlukan teman belajar, diskusi, dan meminjam alat-alat belajar yang kebetulan belum dimilikinya.

c. Lingkungan sosial keluarga
ketegangan keluarga, sifat-sifat orangtua, demografi keluarga (letak rumah), pengelolaan keluarga, semuanya dapat memberi dampak terhadap aktivitas belajar siswa. Hubungan antara anggota keluarga orangtua, anak, kakak atau adik yang harmonis akan membantu siswa melakukan aktivitas belajar dengan baik.

Lingkungan nonsosial


a. Lingkungan alamiah
konsisi udara yang segar, tidak panas, dan tidak dingin, sinar yang tidak terlalu silau/kuat atau tidak terlalu lemah/gelap, suasana yang sejuk dan tenang. Lingkungan alamiah tersebut merupakan faktor-faktor yang dapat memengaruhi aktivitas belajar siswa. Sebaliknya, bila kondisi lingkungan alam tidak mendukung, proses belajar siswa akan terhambat.

b. Lingkungan instrumental
adalah perngaka belajat yang dapat dogolongkan menjadi dua macam. Pertama. Hardware, seperti gedung sekolah, alat-alat belajar, fasilitas belajar, lapangan olahraga dan sebagainya. Kedua, sofware, seperti kurikulum sekolah, peraturan-peraturan sekolah, buku panduan, dan lainnya.

c. Faktor materi pelajaran
Faktor ini hendaknya disesuaikan dengan usia perkembangan siswa, begitu juga dengan metode mengajar guru, disesuaikan dengan kondisi perkembangan siswa. Karena itu, agar guru dapat memberikan kontribusi yang positif terhadap aktivitas belajar siswa, maka guru harus menguasai materi pelajaran dan berbagai metode mengajar yang dapat diterapkan sesuai dengan kondisi siswa.

COMMENTS

Name

anak usia dini,1,anak zaman now,6,Analisis hasil belajar,8,Artikel,8,Bank Soal SD dan MI,25,Belajar dari rumah,11,Berita,4,Guru Abad21,2,Guru Kreatif,5,Guru-Kepsek,2,Infodik,5,Internet,2,kebaktian natal sekolah,1,Kebiasaan Kepala Sekolah 2020,1,Krisis Rusia-Ukraina,3,Kurikulum,3,media pembelajaran online,1,PAUD,1,Pengetahuan Umum,8,Perangkat,2,Perangkat PAUD-TK,3,Perangkat SD,17,RPP 1 Lembar SD-MI,10,RPP Daring,6,Sains,16,Silabus SD-MI,1,Sosiologi,7,Tahun ajaran baru,7,Technology,4,Tugas Belajar,1,
ltr
item
YLINFODIK: Siswa Anda sulit belajar? Pahami faktor yang mempengaruhi proses belajar nya.
Siswa Anda sulit belajar? Pahami faktor yang mempengaruhi proses belajar nya.
Faktor yang mempengaruhi proses belajar - Secara umum faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar dibedakan menjadu dua kategori, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Kedua faktor tersebut saling mempengaruhi dalam proses individu sehingga menentukan kualitas hasil belajar.
https://1.bp.blogspot.com/-ke-xl-8QeMA/XlymgkPnEMI/AAAAAAAABFE/_uxBn_S2MfgHQqfH0AVSVrdcow4PJFR_ACLcBGAsYHQ/s640/Faktor%2Byang%2Bmempengaruhi%2Bproses%2Bbelajar.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-ke-xl-8QeMA/XlymgkPnEMI/AAAAAAAABFE/_uxBn_S2MfgHQqfH0AVSVrdcow4PJFR_ACLcBGAsYHQ/s72-c/Faktor%2Byang%2Bmempengaruhi%2Bproses%2Bbelajar.jpg
YLINFODIK
https://www.ylinfodik.my.id/2020/03/siswa-anda-sulit-belajar-pahami-faktor.html
https://www.ylinfodik.my.id/
http://www.ylinfodik.my.id/
http://www.ylinfodik.my.id/2020/03/siswa-anda-sulit-belajar-pahami-faktor.html
true
1063751320796167169
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All ARTIKEL TERKAIT UNTUK ANDA LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content
https://globeshyso.com/dpmeFmz/d.GTNmvzZzGNUO/Repmj9GuDZmU/lJkWPGTmQszVODTOU/4/NkTKMitCNdD/Mr5LN-TJgw1PNTAI