Proses analisis hasil belajar siswa pada penilaian PTS dan PAS secara kualitatif sesuai dengan perekrutan pertanyaan (tes tertulis, tindakan, pengetah
Analisis Hasil Belajar Siswa pada PTS dan PAS
Kegiatan analisis hasil belajar siswa adalah proses
pengumpulan, meringkas dan menggunakan tanggapan siswa untuk membuat keputusan
tentang masing-masing penilaian untuk meninjau dan mempertimbangkan setiap
elemen untuk mendapatkan masalah kualitas sebelum digunakan. Membantu
meningkatkan kualitas tes melalui revisi atau buang-buang pertanyaan yang tidak
efektif; Dan temukan informasi diagnostik di antara siswa, sudah memahami
materi yang telah diajarkan.
Proses analisis hasil belajar siswa pada penilaian PTS dan PAS secara kualitatif sesuai dengan perekrutan pertanyaan (tes tertulis, tindakan, pengetahuan, keterampilan dan sikap). Beberapa teknik dapat digunakan untuk menganalisis masalah kualitatif, termasuk teknik moderator dan teknik panel. Analisis masalah kuantitatif butir adalah analisis masalah berdasarkan data empiris.
Pada prinsipnya, analisis masalah dilakukan secara kualitatif berdasarkan masalah masalah penulisan (tes tertulis, tindakan dan sikap). Ulasan ini umumnya dilakukan sebelum subjek digunakan atau diuji. Aspek yang diperhatikan dalam pemeriksaan kualitatif ini adalah setiap pertanyaan yang diperiksa dalam hal material, konstruksi, bahasa atau budaya, serta respons utama atau arahan dari wajib militernya.
Keuntungan dan manfaat dari analisis hasil belajar siswa pada butir penilaian butir PTS/PAS :
- Tentukan masalah yang rusak atau tidak berfungsi dengan baik;
- Tingkatkan masalah tiga komponen analisis, yaitu tingkat kesulitan, kekuatan diferensiasi dan masalah masalah;
- meningkatkan validitas masalah dan keandalan;
- Merevisi masalah yang tidak relevan dengan peralatan yang diajarkan, ditandai dengan jumlah anak yang tidak dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan tertentu.
- Bantu tes pengguna dalam menguji tes yang digunakan
- Sangat relevan untuk persiapan tes informal dan lokal (seperti guru yang disiapkan selama tes)
- Dukungan untuk menulis materi yang efektif
- Peralatan dapat meningkatkan tes kelas
- Tingkatkan validitas dan keandalan pertanyaan
- Tentukan apakah fungsi elemen sesuai dengan apa yang diharapkan
- Memberikan kontribusi kepada siswa tentang kapasitas dan dasar bahan kasus kelas
- Berikan informasi kepada guru tentang kesulitan siswa
- Memberikan kontribusi pada aspek-aspek tertentu dari pengembangan kurikulum
- Merevisi material yang dievaluasi atau diukur
- Meningkatkan keterampilan masalah penulisan
Ketika kita menjadi guru dan pendidik, lebih disukai persiapan instrumen tes, seperti pertanyaan tes, harus disesuaikan dengan kriteria untuk menyiapkan pertanyaan bagus dan pertanyaan yang bagus. Di mana, tingkat kesulitan dicatat, daya khas yang dapat disesuaikan, masalah masalah bekerja dengan baik. Dan juga ketika diuji dengan validitas dan pertanggungjawaban sesuai dengan kualitas dan metode pembelajaran yang menghormati cita-cita guru Indonesia untuk mendidik kehidupan bangsa.
Baca juga : Bagaimana menganalisis hasil belajar siswa yang biking guru berhasil
Unduh Analisis hasil belajar siswa Tematik PTS dan PAS MI K-13
Terkait dengan analisis tematik PTS / UTS. Anda dapat mengunduhnya di tautan berikut:
Analisis Soal Penilaian
Kelas 1 Klik DISINI
Analisis Soal Penilaian Kelas 4 Klik DISINI
Demikian tentang analisis hasil belajar siswa pada penilaianPTS/PAS. Kiranya dapat bermanfaat bagi teman-teman dalam menjalankan tugas sebagai pendidik di sekolahnya masing-masing.
COMMENTS